SAAT TIDAK ADA YANG MAKAN, PASTIKAN SEMUA WADAH MAKAN DAN MINUM DALAM KEADAAN TERTUTUP

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah ﷺ bersabda :

غَطُّوا الْإِنَاءَ،وَأَوْكُوا السِّقَاءَ ؛ فَإِنَّ فِي السَّنَةِ يَوْمًا يَنْزِلُ فِيهِ وَبَاوٌ لَا يَمُرُّ بِإِنَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ غِطَاءٌ، أَوْ سِقَاءٍ لَيْسَ عَلَيْهِ وِكَاءٌ إِلَّا نَزَلَ فِيهِ مِنْ ذَلِكَ الْوَبَاءِ 

“Tutupilah tempat makan dan minum kalian. Karena tiap setahun ada satu hari yang di sana turun wabah penyakit berbahaya. Tidak ada satu wadah makanan atau minuman pun yang dilewatinya dalam keadaan terbuka; melainkan wabah itu akan turun ke sana.”HR. Muslim (2014)

TUTUP SAMBIL MENGUCAPKAN BISMILLAH, MESKIPUN DENGAN SESUATU APAPUN YANG DIBENTANG DI ATASNYA

Juga dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ menyatakan :

وَأَوْكُوا قِرَبَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ، وَخَمِّرُوا آنِيَتَكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهَا شَيْئًا

“Tutuplah tempat minum kalian sembari menyebut nama Allah. Dan tutuplah wadah makan kalian juga sembari menyebut nama Allah. Meski hanya dengan sesuatu apapun kalian letakkan di atasnya.”HR. Muslim (2012)

Dalam riwayat lain,

فَإِنْ لَمْ يَجِدْ أَحَدُكُمْ إِلَّا أَنْ يَعْرُضَ عَلَى إِنَائِهِ عُودًا

“Bila kalian tidak menemukan sesuatu yang bisa digunakan untuk menutupi; maka lakukanlah meski hanya dengan meletakkan sebilah kayu di atasnya.”HR. Muslim (2012)

Ustadz Hari Ahadi حفظه الله


“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan barokah lebih banyak dan lebih besar, insyaa Allah.”

Ayo Join dan Share :
t.me/Riyadhus_Salafiyyin

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com