PENGARUH AL-QUR’AN YANG DIBACA DENGAN MENGHADIRKAN HATI, PENDENGARAN, DAN PENGLIHATAN

Tafsir Al-Qur’an Ringkas

Silsilah Tafsir Al-Qur’an Ayat-Ayat Pilihan: Pengaruh Al-Qur’an yang Dibaca Dengan Menghadirkan Hati, Pendengaran, dan Penglihatan

Allah ta’ala berfirman,

إِنَّ فِي ذلِكَ لَذِكْرى لِمَنْ كانَ لَهُ قَلْبٌ أَوْ أَلْقَى السَّمْعَ وَهُوَ شَهِيدٌ

“Sungguh, pada yang demikian itu pasti terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai hati atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya.”
(Q.S. Qaf: 37)

Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata,

إذا أردت الانتفاع بالقرآن، فأجمع قلبك عند تلاوته. وألق سمعك.
واحضر حضور من يخاطبه به من تكلم به سبحانه، منه إليه. فإنه خطاب منه سبحانه لك على لسان رسوله صلّى الله عليه وسلّم

“Jika kamu ingin mengambil manfaat dari Al-Qur’an, maka satukan hatimu ketika membacanya. Bukalah pendegaranmu, dan hadirkan dirimu sebagaimana orang yang diajak bicara dengan Allah subhanahu wa taala. Dan sesungguhnya Al-Qur’an merupakan kalam dari Allah taala yang ditujukan kepadamu melalui lisan Rasul-Nya shalallahu ‘alaihi was sallam.”

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah dalam bahasan yang semakna juga mengatakan,

: وَمِمّا ينبغي أن يُعْلم أنّ أفضل القراءة والذّكر والدعاء والصّلاة وغير ذلك يختلف باختلاف حال الرجل , فالقراءة بتدبر أفضل من القراءة  بلا تدبر , و الصلاة بخشوع و حضور قلب افضل من الصلاة بدون ذلك”

“Dan dari perkara yang sepantasnya diketahui, sesungguhnya keutamaan yang bisa diraih seseorang dari membaca Al-Qur’an, berzikir, berdoa, shalat, dan lainya itu keadaannya berbeda-beda. Oleh karena itu, membaca Al-Qur’an dengan tadabur lebih utama dari membaca Al-Qur’an tanpa tadabur; dan shalat dengan khusyuk serta menghadirkan hati lebih utama dari shalat tanpa hal itu.”

Ditulis oleh: Ustadz Abu Amina hafizhahullah di pondok Yatim non Yatim An-Nashihah Cepu.

Dikutip dari: Tafsir Ibnul Qoyyim rahimahullah, faedah dari Syeikh Yahya bin ‘Utsaman Al-Mudaris Masjidil-Haram dari Kitab al-Manahil al-Hissan fi Durusi Ramadhan.

“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Turut Menyebarkan Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com