Nasehat Teruntuk Orangtua Agar Melatih Anaknya Berpuasa Sejak Dini

Berkata asy-Syaikh Ibnu Utsaimin -rahimahullah-:

Aku ingin memperingatkan tentang sebuah permasalahan yang dilakukan oleh sebagian ayah atau ibu, yaitu mencegah anak-anak kecil mereka dari berpuasa, menyelisihi apa yang dilakukan oleh para sahabat -radhiyallahu’anhum-.

Mereka(para orang tua) tersebut mengaku bahwasanya mereka mencegah anak-anak dari berpuasa itu dikarenakan rahmat(kasihan) kepada mereka.

Padahal hakikat rahmat terhadap anak-anak adalah dengan memerintahkan mereka mengerjakan syariat-syariat Islam dan melatih mereka untuk melakukannya.

Maka sungguh perkara ini tanpa diragukan lagi termasuk tarbiyah yang baik dan termasuk kesempurnaan penjagaan (orang tua).

Dan telah tetap dari nabi -shallahu ‘alaihi wassalam- , beliau bersabda : “Sesungguhnya suami adalah pemimpin di keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya” .

#الصيام_جنة

قال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله:

أنبه على مسألة يفعلها بعض الآباء أو الأمهات وهي منع صبيانهم من الصيام -على خلاف ما كان الصحابة رضي الله عنهم يفعلونه- ويدعون أنهم يمنعون هؤلاء الصبيان رحمة بهم، والحقيقة أن رحمة الصبيان بأمرهم بشرائع الإسلام وتعويدهم عليها، فإن هذا بلا شك من حسن التربية وتمام الرعاية، وقد ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم قوله: “إن الرجل راع في أهل بيته ومسؤول عن رعيته”.

(٤٨ سؤالا في الصيام).

Sumber: Grup WA Salafy Sragen

“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com


Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com