MEWASPADAI RUKUN KEKUFURAN

: قال الإمام ابن القيم

أركان الكفر أربعة: الكبر والحسد والغضب والشهوة.
فالكبر يمنعه الانقياد والحسد يمنعه قبول النصيحة وبذلها والغضب يمنعه العدل و الشهوة يمنعه التفرغ للعبادة. فإذا انهدم ركن الكبر سهل عليه الانقياد و إذا انهدم ركن الحسد سهل عليه قبول النصيحة وبذله و إذا انهدم ركن الغضب سهل عليه العدل والتواضع و إذا انهدم ركن الشهوة سهل عليه الصبر و العفاف و العبادة.
“الفوائد ” ص: ١٦٨

Berkata al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah:

“Rukun kekufuran ada empat: sombong, hasad, marah, dan syahwat.

Sombong itu mencegah seseorang untuk tunduk. Hasad itu mencegah seseorang untuk menerima nasehat dan melaksanakannya. Marah itu mencegah seseorang untuk bersikap adil. Syahwat itu mencegah seseorang menyibukkan (diri) untuk melakukan ibadah.

Apabila seseorang (mampu) menghancurkan rukun kesombongan, maka akan mudah baginya tunduk (kepada kebenaran). Apabila seseorang menghancurkan rukun hasad, maka akan mudah baginya untuk menerima nasehat dan melaksanakannya. Apabila seseorang menghancurkan rukun marah, maka akan mudah baginya bersikap adil dan tawadhu’ (rendah hati). Apabila seseorang menghancurkan rukun syahwat, maka akan mudah baginya bersabar, menjaga kehormatan, dan melakukan ibadah.”

Al-Fawaid, hlm.168

Alih bahasa: al-Ustadz Sirojudin Abbas حفظه الله


“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com