KOKOH DI ATAS SUNAH

قال الحسن البصريّ- رحمه اللّه تعالى-:

«السّنّة، والّذي لا إله إلّا هو بين الغالي والجافي، فاصبروا عليها رحمكم اللّه، فإنّ أهل السّنّة كانوا أقلّ النّاس فيما مضى، وهم أقلّ النّاس فيما بقى:
الّذين لم يذهبوا مع أهل الإتراف في إترافهم، ولا مع أهل البدع في بدعهم، وصبروا على سنّتهم حتّى لقوا ربّهم، فكذلك إن شاء اللّه فكونوا»

سنن الدارمي برقم ٢٣٣

Hasan al-Bashri rahimahullah ta’ala berkata:

“Sunah itu—demi Zat yang tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Dia—adalah antara ghuluw__ (berlebih-lebihan dalam agama) dan mengurangi (meremehkan dalam agama), maka bersabarlah kalian di atasnya (sunah) mudah-mudahan Allah merahmati kalian.

Sesungguhnya Ahlus Sunnah, mereka adalah orang yang paling sedikit di antara manusia pada masa lalu dan mereka (juga) paling sedikit di antara manusia pada masa berikutnya. Mereka itu adalah yang tidak sependapat dengan orang-orang yang melampaui batas dalam perbuatan ghuluw-nya dan tidak pula bersama ahlul bid’ah dengan kebidahannya. Mereka bersabar di atas sunnah mereka sampai bertemu dengan Rabb mereka, begitulah (keadaan) mereka—insyaallah—,
jadilah kalian seperti mereka!.”

Sunan ad-Darimi, no. 223.

🖋 Oleh: al-Ustadz Sirojudin Abbas حفظه الله

Baca juga: SEPERTI INILAH SEHARUSNYA AHLUS SUNNAH BERSIKAP

“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Tinggalkan komentar

Didukung oleh: Islamhariini.com