JANGAN DIAM SAJA BILA MELIHAT ADA PERKARA MUNGKAR

🗒️ Asy-Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali hafizhahullah mengatakan,

“Melarang dari perbuatan mungkar termasuk salah satu pondasi Islam yang tidak boleh diabaikan dan diremehkan. Rasulullah ﷺ bersabda,

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذَلِكَ أَضْعَفُ الْإِيمَانِ

“Siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, dia harus ubah dengan tangannya. Bila tidak mampu, maka dia ubah dengan lisannya. Bila tidak mampu, maka dengan hatinya, dan ini selemah-lemah iman.”(H.R. Muslim, no. 49)

Dalam Al-Qur’an Allah ta’ala berfirman,

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ

“Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” (Q.S. Ali ‘Imran: 110)

Allah mengabarkan kepada kita bahwa Dia melaknat kaum Yahudi melalui lisan Nabi Daud dan Nabi Isa bin Maryam ‘alaihimas sallam.

لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِن بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَىٰ لِسَانِ دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ۚ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوا وَّكَانُوا يَعْتَدُونَ • كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَن مُّنكَرٍ فَعَلُوهُ ۚ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُونَ

“Telah dilaknat orang-orang kafir dari Bani Israil melalui lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan mungkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya, amat buruklah apa yang selalu mereka lakukan itu.” (Q.S. Al-Maidah: 78-79)

Oleh karena itu, sikap tidak memerintah orang untuk melakukan kebaikan dan enggan untuk melarang dari kemungkaran merupakan tindakan yang tercela lagi buruk. Pelakunya pantas mendapatkan banyak laknat.” (Syarah Aqidatus-Salaf dalam Majmu’ Mu’allafat Asy-Syaikh, II/293-294)

Oleh: Ustadz Hari Ahadi حفظه الله
➖ ➖ ➖ ➖ ➖
“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
↘️ Faedah:
📚 telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
↘️ Poster dan Video:
🖼 telegram.me/galerifaedah
↘️ Kunjungi Website Kami:
🌏 www.riyadhussalafiyyin.com

Tinggalkan komentar