JADILAH PARA PEMBUKA PINTU-PINTU KEBAIKAN

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya ada di antara manusia yang merupakan para pembuka pintu-pintu kebaikan dan penutup pintu-pintu kejelekan dan sungguh ada pula di antara manusia yang merupakan para pembuka pintu-pintu kejelekan dan penutup pintu-pintu kebaikan. Maka, berbahagialah bagi orang yang Allah jadikan sebagai pembuka pintu-pintu kebaikan melalui tangannya dan celakalah bagi orang yang Allah jadikan sebagai pembuka pintu-pintu kejelekan melalui tangannya.”

Dikeluarkan oleh Ibnu Majah no. 237 dan al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman no. 687. (Lihat Ash-Shahihah Syekh al-Albani no. 1332)

Imam as-Suyuthi dalam Syarh Ibnu Majah (1/21) berkata,

“Yang dimaksud dengan ‘para pembuka kebaikan’ adalah orang-orang yang Allah jadikan mereka sebagai sebab bagi hamba-hamba-Nya untuk mendapatkan kebaikan dari orang-orang saleh dan berilmu.”

Al-Imam al-Munawi dalam At-Taisir fi Syarh Al-Jami’ Ash-Shaghir (1/702) berkata,

“Kebaikan merupakan hal yang diridai Allah dan kejelekan merupakan hal yang dimurkai Allah. Apabila Allah meridai seorang hamba, maka tanda keridaan-Nya adalah Allah menjadikannya sebagai pembuka pintu-pintu kebaikan dan sebaliknya.”

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلَّى الله عليه وسلَّم: «إِنَّ مِنَ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلْخَيْرِ مَغَالِيقَ لِلشَّرِّ، وَإِنَّ مِنَ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلشَّرِّ مَغَالِيقَ لِلْخَيْرِ، فَطُوبَى لِمَنْ جَعَلَ اللهُ مَفَاتِيحَ الخَيْرِ عَلَى يَدَيْهِ، وَوَيْلٌ لِمَنْ جَعَلَ اللهُ مَفَاتِيحَ الشَّرِّ عَلَى يَدَيْهِ»

أخرجه ابن ماجه برقم ٢٣٧ و البيهقي في شعب الإيمان برقم ٦١٨ (انظر الصحيحة الشيخ الألباني برقم ١٣٣٢)

قال الإمام السيوطي في شرح سنن ابن ماجة ٢١/١:
و المراد من مفاتيح الخير الرجال الذين سببهم الله تعالى لعباده بإيصال الخير من اهل المعرفة و العلم.

قال الإمام المناوي في التيسير بشرح الجامع الصعير ٧٠٢/١:
فالخير مرضاة الله و الشر مسخطة فإذا رضي عن عبد فعلامة رضاه يجعله مفتاحا للخير و عكسه.

🖋 Oleh: al-Ustadz Sirojudin Abbas حفظه الله

“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Tinggalkan komentar

Didukung oleh: Islamhariini.com