HUKUM-HUKUM SEPUTAR FIDYAH

HUKUM-HUKUM SEPUTAR FIDYAH [Bagian 04]

BAYAR FIDYAH PAKAI UANG

Bila kita melihat ayat tentang fidyah berikut,

وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ

“Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.” QS. Al-Baqarah: 184

Kita menjadi tahu bahwa fidyah ialah dengan memberi makanan, baik yang sudah jadi atau makanan pokok, bukan dengan uang. Mayoritas ulama berpendapat tidak sah membayar fidyah dengan uang (Dalil al-Anam, hlm. 58).

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin berkata,

فما ذكر في النصوص بلفظ الطعام أو الإطعام فإنه لا يجزىء عنه الدراهم، وعلى هذا فالكبير الذي كان فرضه الإطعام بدلاً عن الصوم لا يجزىء أن يخرج بدلاً عنه دراهم، لو أخرج بقدر قيمة الطعام عشر مرات لم يجزئه؛ لأنه عدول عما جاء به النص

“Yang disebutkan dalam dalil dengan lafazh makanan atau memberi makan maka tidak boleh menggunakan uang. Atas dasar ini, orang tua yang memiliki kewajiban membayar fidyah karena tidak puasa tidak sah jika dia membayarnya dengan uang. Seandainya dia membayar fidyah dengan uang seharga makanan itu sebanyak sepuluh kali maka tetap tidak sah. Karena itu meleset dari yang disebutkan dalam dalil.” (Majmu’ Fatawa wa Rasa’il, XIX/117)

Di salah satu fatwa Al-Lajnah ad-Da’imah disebutkan,

ولا يجزئك إعطاء النقود بدلا من الإطعام

“Tidak sah apabila kamu memberi dalam bentuk uang sebagai pembayaran fidyah.” (Al-Majmu’ah al-Ula, X/163)

Jadi kalaupun ada ulama yang berpendapat sah membayar fidyah dengan uang; tentunya akan lebih pasti dan selamat jika kita membayar fidyah tetap dengan makanan, berdasarkan pada ayat Al-Qur’an yang memerintahkan untuk memberi makanan.

🖋 Oleh: Ustadz Hari Ahadi حفظه الله

Baca juga: HUKUM-HUKUM SEPUTAR FIDYAH Bagian 1Bagian 2, Bagian 3

“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Tinggalkan komentar

Didukung oleh: Islamhariini.com