HATI-HATI PERBUATAN BIDAH MENJAUHKAN SESEORANG DARI ALLAH!

Abu Ayyub al-Sikhtiyani rahimahullah mengatakan,

ما زاد صاحب بدعة اجتهادا إلا ازداد من الله بعدا.

“Tidaklah pelaku bidah semakin menambah kesungguhannya dalam melakukan bidahnya melainkan akan semakin membuatnya jauh dari Allah.” ( Lamm al-Durr al-Mantsur, hlm. 129–130)

FAEDAH:

Penjelasan di atas memberikan faedah yang sangat agung kepada kita semua, yaitu bahwa setiap perbuatan bidah menjauhkan seseorang dari Allah. Semakin dia bersungguh-sungguh dalam perbuatan bidahnya, maka semakin jauh dia dari Allah subhanahu wa taala sekalipun dia menganggapnya baik dan merasa nyaman dengannya. Ketahuilah bahwa hal itu hiasan dari setan.

Allah subhanahu wa taala berfirman,

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ اْلإِنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

“Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin. Sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-pekataan yang indah-indah untuk menipu manusia. Seandainya Rabbmu menghendaki, niscaya mereka tidak akan memperlakukannya, maka biarkanlah mereka dan kedustaan yang mereka perbuat.” (Al-An’am: 112)

Wajib bagi kita semua untuk mencari dan mengamalkan kebenaran sesuai dengan bimbingan Allah dan Rasul-Nya disertai dengan pemahaman generasi terbaik umat ini.

Barakallahu fikum.

Oleh: Ustadz Abu Fudhail Abdurrahman ibnu Umar hafizhahullah.


“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com