DADA YANG LAPANG ADALAH SALAH SATU SEBAB MANUSIA MENDAPAT HIDAYAH

DADA YANG LAPANG ADALAH SALAH SATU SEBAB MANUSIA MENDAPAT HIDAYAH

قال الشيخ عبد الرحمن بن ناصر السعدي

{ رب اشرح لي صدري } أي: وسعه وأفسحه، لأتحمل الأذى القولي والفعلي، ولا يتكدر قلبي بذلك، ولا يضيق صدري، فإن الصدر إذا ضاق، لم يصلح صاحبه لهداية الخلق ودعوتهم.
قال الله لنبيه محمد صلى الله عليه وسلم: { فبما رحمة من الله لنت لهم ولو كنت فظا غليظ القلب لانفضوا من حولك } وعسى الخلق يقبلون الحق مع اللين وسعة الصدر وانشراحه عليهم.

تفسير السعدي ص ١٣٧

Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di berkata,

“(Ya Rabbku lapangkanlah dadaku) keleluasaan dan terbukanya dada supaya aku mampu menghadapi gangguan (berupa) ucapan atau perbuatan dan hati tidak terkotori dengan hal tersebut, dan juga dadaku tidak menjadi sempit. Sesungguhnya jika dada sempit, tidak layak bagi pemiliknya membimbing hidayah kepada makhluk dan mendakwahi mereka. Allah ta’ala berfirman kepada Nabi-Nya Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,

‘Disebabkan rahmat dari Allah engkau berbuat lemah lembut kepada mereka. Jika engkau berlaku kasar dan berhati kasar, niscaya mereka akan lari dari sekitarmu…’ (Ali Imran: 159).

Mudah-mudahan makhluk bisa menerima kebenaran yang disertai kelembutan dan dengan dada yang lapang dan terbuka terhadap mereka.”

(Tafsir as-Sa’di, hlm.137.)

🖋 Oleh: al-Ustadz Sirojudin Abbas حفظه الله

Baca juga: PERHATIKAN SAUDARAMU SEBELUM DIA MEMINTA KEPADAMU

“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Tinggalkan komentar

Didukung oleh: Islamhariini.com