BOLEHKAH HEWAN YANG SEDANG HAMIL DIJADIKAN KURBAN?

Asy-Syaikh Al-‘Allamah ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah berkata,

الذبيحة التي فيها ولد تجزي بلا شك، والخطيب الذي قال: إنها لا تجزي مخطئ وغلطان، البقرة والناقة والشاة من الغنم من الضأن والمعز إذا كان في بطنها ولد تجزي بلا شك، والذي قد خطب بأنها لا تجزي قد غلط وقال قولاً لا حجة له فيه، ولا أعلم به قائلاً من أهل العلم، بل ذلك خطأ محض. نعم.

“Hewan sembelihan yang di dalam tubuhnya terdapat anak (dari hewan tersebut), hukumnya sah tanpa diragukan lagi. Adapun khatib yang mengatakan bahwa hal itu tidak sah, maka dia itu salah. Sapi, unta betina, dan kambing baik dari jenis domba maupun kacang, apabila di dalam tubuhnya terdapat anak (dari hewan tersebut), maka hukumnya sah tanpa diragukan lagi. Sementara khatib yang mengatakan tidak sah, maka sungguh dia telah salah dan mengucapkan ucapan yang tidak ada hujah sama sekali padanya. Dan aku tidak mengetahui ada dari kalangan para ulama yang mengucapkan sebagaimana ucapannya, bahkan yang demikian itu murni kesalahan.”

Dikutip dari:
https://binbaz.org.sa/fatwas/5445/حكم-الاضحية-الحبلى

Kesimpulan:

Di dalam penjelasan ini Asy-Syaikh rahimahullah menyebutkan secara umum bahwa hewan sembelihan yang hamil itu sah jika disembelih untuk mendekatkan diri kepada Allah dalam bentuk kurban, akikah, atau selainnya.

Wallahu a’lam.

Oleh: Ustadz Abu Fudhail Abdurrahman ibnu Umar hafizhahullah.


“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com