BEBERAPA PERKARA YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENYEMBELIH HEWAN

1.Hendaklah seseorang berlaku baik terhadap hewan sembelihannya, misalnya dengan menajamkan alat yang akan digunakan untuk menyembelih hewan tersebut agar ia mati dalam keadaan tenang dan beristirahat.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ، فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ.

“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan (para hamba-Nya) supaya selalu bersikap baik terhadap setiap perkara. Jika kamu membunuh, maka bunuhlah dengan cara yang baik. Jika kamu menyembelih, maka sembelihlah dengan cara yang baik. Tajamkanlah pisaumu dan senangkanlah hewan sembelihanmu.” (H.R. Muslim)

Demikian pula Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لَا يَرْحَمْ لَا يُرْحَمْ.

“Orang yang tidak menyayangi, maka tidak akan disayangi (oleh Allah).” (H.R. Al-Bukhari, no. 6013)

2. Tidak boleh mengasah pisau di hadapan hewan tersebut.

Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada orang yang melakukan perbuatan tersebut.

أفلا قبل هذا أ تريد أن تميتها موتتين.

“Kenapa tidak engkau lakukan sebelum ini? Apakah engkau ingin membunuhnya dua kali?!” (H.R. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi dari sahabat Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma dan disahihkan oleh Al-Imam Al-Albani dalam Ash-Shahihah, no. 24)

3. Demikian pula para ulama menyebutkan tidak boleh menyembelih hewan dalam keadaan disaksikan oleh hewan lainnya yang juga akan disembelih. Karena yang demikian itu akan membuat dia sedih dan menyakitinya, sebagaimana yang disebutkan oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah di dalam kitab Ahkamul-Udhhiyah, hlm. 32.

Oleh: Ustadz Abu Fudhail Abdurrahman Ibnu Umar hafizhahullah.


“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share:

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com