LEMAH DALAM ISTIQAMAH SALAH SATU SEBAB TERJADINYA PROBLEM RUMAH TANGGA


LEMAH DALAM ISTIQAMAH SALAH SATU SEBAB TERJADINYA PROBLEM RUMAH TANGGA

🌴 Asy-Syaikh Muhammad bin Ghalib حفظه الله berkata,

“Yang pertama dan sebab terbesar (terjadinya problem rumah tangga) adalah lemah dalam istiqamah dan berpaling dari agama. Allah ta’ala berfirman,

(فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ)

‘Istiqamahlah engkau, sebagaimana diperintahkan kepadamu.’ (Q.S. Hud: 112).

«قل آمنت بالله، ثم استقم»

‘Katakanlah, ‘Aku beriman kepada Allah, kamudian beristiqamahlah,’ sebagaimana disebutkan dalam hadis.

Apa itu istiqamah? Para ulama berkata, ‘Mengerjakan perintah dan menjauhi larangan,’ ada juga yang mengatakan, ‘Berpegang teguh kepada seluruh agama,’ ini adalah istiqamah.

✅ Maka wajib bagi setiap muslim untuk istiqamah di atas agama Allah, mengerjakan yang wajib dan meninggalkan yang haram.

⛔ Salah satu perkara terpenting yang hendaknya diperhatikan seseorang agar urusanya berjalan dengan baik dan istiqamah rumah tangganya adalah perkara shalat. Allah ta’ala berfirman,

(إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ)

‘Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.’ (Q.S. Al-‘Ankabut: 45).

✅ Jadi, shalat yang benar dengan (mengerjakan) rukun, kewajiban, dan sunnahnya adalah sebab untuk mencegah terjadinya problem dan menjauhkan dari perkara yang merusak dan kerusakan.

Salah satu bencana, kita melihat di rumah-rumah kaum muslimin, mayoritas laki-laki meninggalkan shalat, meninggalkan seluruh shalat, atau meremehkan shalat jamaah.

🌴 Nabi ﷺ sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim rahimahumallah dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau bersabda,

‘Demi Zat yang jiwaku di tangan-Nya, sungguh aku ingin memerintahkan seseorang untuk membawa kayu bakar untuk dikumpulkan. Kemudian aku memerintahkan shalat ditegakkan, dikumandangkan azan. Lalu aku memerintakan seseorang mengimami manusia, dan aku berangkat menuju orang-orang (yang tidak menghadiri shalat jamaah–pent), kemudian aku bakar rumah-rumah mereka. Demi Zat yang jiwaku di tangan-Nya, jika salah seorang dari mereka (yang tidak menghadiri shalat jamaah) mengetahui bahwa ia akan mendapatkan tulang yang masih tersisa sedikit daging padanya, atau daging yang menempel di kuku kambing, sungguh ia akan menghadiri shalat isya’.”

Sumber:
https://t.me/Ahkem_almoslima

Alih bahasa:
Ustadz Abul Abbas Shalih bin Zainal Abidin حفظه الله

➖ ➖ ➖ ➖ ➖
“Tetap hadir di majelis ilmu syar’i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan berkah lebih banyak dan lebih besar, insyaallah.”

Ayo Join dan Share :

Faedah:
telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin
Poster dan Video:
telegram.me/galerifaedah
Kunjungi Website Kami:
www.riyadhussalafiyyin.com

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Didukung oleh: Islamhariini.com